mengASIhi dengan Keras Kepala

Telat banget ya saya share tentang ASI, padahal Kenzie sudah mau disapih 1 bulan lagi. (Aaah mama jadi galau, becandaan sambil nyenye dan unyelunyelan segera berakhir.)
Etapi ngga apa deh telat, tidak ada kata terlambat untuk berbagi pengalaman dan ilmu. Sharing ini bertujuan agar banyak ibu-ibu di luar sana semangat untuk mengASIhi anaknya. Memang tidak mudah dan instant, tapi melihat anak tumbuh, sehat dari cairan yang kita hasilkan dari tubuh sebagai makanan pokoknya diawal kehidupannya merupakan sesuatu hal yang sangat berharga. Lagian kan ngga ada yang instant di dunia ini, kecuali mie instant ya kan.
Kemarin, saya chat dengan teman SMA, sebagai ibu baru, saya paham banget deh gimana stress dan gundah gulananya, apalagi tentang ASI. Saya rasa dengan perkembangan informasi dan ilmu mengenai perASIan, ibu jaman now pingin banget ngasih ASI Ekslusif ke anaknya.
Begitupun saya dulu, kekeuh banget mau memberikan ASI Ekslusif ke Kenzie. Tapiiiii, saya cuma ingin doang, saya ngga update ilmu tentang perASIan saya. Sedih kan.
Saya beruntung di anugerahi ASI Oleh-Nya sejak Kenzie lahir. Tapiiiii, saya flat nipple, sehingga Kenzie kesulitan saat menyusu, hal ini membuat dia sempat kuning. Dan saya mengalami yang namanya Plugged Ducts, P*y*d*r* bengkak keras seperti batu, badan meriang, belum lagi jahitan caesar masih sakit. Ayo siapa yang pernah merasakan Plugged Ducks, gimana rasanya?  ADUHAI KAN 😅
Perjalanan menyusui saya pun tidak mudah. Penuh drama, emosi, dan air mata. Alhamdulillah saya bisa melaluinya. Ini semua karena bantuan dan support orang sekitar, terutama suami dan mama.
Sampai Kenzie umur 17 bulan, dia masih full ASI. Untuk saya, hal ini sebuah prestasi dan saya bangga masih bisa mengASIhi Kenzie di umur dia 23 bulan, walau sekarang sudah di tambah UHT.
Seperti yang saya ceritakan tadi, saya flat nipple, akhirnya saya butuh bantuan nipple shield agar Kenzie bisa direct breastfeeding, walau menurut penyuluh laktasi ini bukan direct ya. Karena yang namanya direct breastfeeding ya skin to skin antara mulut bayi dengan areola ibu. Untuk lepas nipple shield juga ngga mudah, tentunya ada ganjaran tangisan dari Kenzie, karena ngga semudah pakai nipple shield tentunya, tapi lama-lama dia bisa. Butuh 3 bulan sih bagi saya untuk lepas, lumayan lama ya buibu jangan dicontoh.
Yang bikin saya dilema itu setelah mulai fase pumping. Saat awal-awal pumping hasilnya cuma ngotor-ngotorin botol, beuh galau nya bukan main. Norak deh tuh di status mengenai kegundah gulaan ini. Saat itu ada senior di kampus yang berbaik hati mau ngasih info ke saya dan saya disuruh follow ig nya @elizabeth.zenifer. Salut banget saya dengan mom eliz, dari yang tidak keluar asi sama sekali tapi dengan kegigihannya ASI dia jadi berlimpah bahkan bisa menjadi ibu susu untuk anak lain. Akhirnya saya semangat lagi untuk pumping dan dari sanalah saya mulai cari tau dan belajar. Yang namanya Supply and Demand dan Power Pumping.
Apa sih Supply and Demand pada ASI?
Sama kok seperti konsep Supply and Demand pada ilmu ekonomi, semakin tinggi permintaan maka harganya juga naik, begitu pula kalau permintaan rendah maka harga ikutan turun.
Begitu juga Supply and Demand pada ASI. Semakin tinggi kebutuhan bayi, maka produksi ASI semakin banyak, begitu juga sebaliknya, rendah permintaan bayi, maka produksi ASI ya turun.
Setelah saya paham konsep Supply and Demand, barulah saya tau booster terbaik untuk meingkatkan produksi ASI saya adalah pumping. Tadinya saya dilema banget, udah coba berbagai macam booster yang katanya bisa naikin produksi ASI kok tetep aja ya ngga naik, setelah saya jadi rajin pumping, alhamdulillah saat di pumping naik pelan-pelan produksi ASI saya. Tapi dengan pumping aja menurut saya masih belum banyak nih, setelah googling saya menemukan yang namanya Power Pumping, saya cobalah Power Pumping itu. Power Pumping adalah sebuah teknik memompa berulang-ulang untuk menciptakan Supply and Demand. Bagaimana cara power pumping? Saya jelaskan di gambar bawah ini 
Power Pumping
Teknik Power Pumping

Jelaskan ya buibu penjelasan dari gambar diatas? Kalau bingung bisa nanya ya nanti di komentar, InsyaAllah saya jawab. Jadi, yang merasa ASI nya sedikit, stock belum cukup untuk ditinggal kerja, coba dulu deh Power Pumping ini. Capek? Pasti. 
Ingat, Selalu ada Pelangi setelah hujan lebat. Pelangi indah kan? Nah ibaratkan Pelangi adalah gol ASI kita yang berlimpah. Lalu Hujan Lebat adalah kesulitan yang kita usaha kan. Semangat selalu ya mommies 😍😍😍
Selanjutnya saya ingin bahas cara penyimpanan ASI. Hal ini terbagi dua, ASI Fresh dan ASI Beku, apa beda keduanya?
Kalau ASI Fresh, penyimpanannya di kulkas bagian chiller. Sedangkan ASI Beku, penyimpanannya di Freezer. Gambar di bawah menjelaskan daya tahan ASI vs tempat penyimpanan.

Penyimpanan ASI



*Sumber : AIMI ASI
Yang bikin dulu saya ngebombay banget, disaat 2 minggu lagi masuk kerja, saya cobain lah ke Kenzie ASI Beku, dannnnnnnn Kenzie nolak dong. Awalnya saya mikir mungkin karena udah kelamaan nyimpennya, jadi dia ngga suka, saya trial error lagi. Saya kasih lagi Kenzie ASI beku yang baru saya masukkan ke freezer kemarinnya, tetep ngga mau, huhuhu. Penasaran lah saya kenapa dia ngga mau, ternyata ASI saya bau tengik hiks hiks. Saya pas nyium juga mual. Googling lah saya, kenapa ASI saya seperti itu, teryata dari penjelasan yang saya dapatkan, enzim lipase di ASI saya cukup tinggi, hal tersebutlah yang membuat ASI saya bau tengik. Nangis sama stress udah pasti, kebayang banget perjuangan pumping. Ngumpulin ASI dari yang cuma basahin pantat botol sampe sekali pumping bisa penuh botolnya, tengah malem bangun power pumping demi stock ASI, akhirnya saya harus ikhlas dan merelakannya. Saya pun pasrah dan positif thinking tetap bisa memberikan Kenzie ASI Ekslusif tanpa bantuan stock ASI, saya hanya mengandalkan ASI Fresh. Alhamdulillah, saya berhasil ibu-ibu.
Jadiiiii, yang berniat dan sangat menginginkan memberikan ASI Ekslusif ke anak kalian, yuk mengASIhi dengan keras kepala.
Kunci keberhasilan saya dalam mengASIhi semangat, positive thinking dan terus berusaha

Terus 💪💪💪 mommies, good luck 😍

Komentar