Dokter Anak (DSA) di Jaksel - Tangsel

Dokter Anak

1. dr. Hetty Wati Napitupulu, SpA
Beliaulah yang menangani Kenzie saat lahir. Dokternya pro ASI, saat Kenzie mau pulang bilirubinnya sempat ke 14, dokternya tetap memperbolehkan pulang dengan catatan terus diberikan ASI. Tetapi saya cukup disitu aja sih sama dr. Hetty, menurut saya beliau kurang detail dalam menjelaskan, terutama mengenai menyusui ini, menurut suster-suster disana, dokter hetty ketua laktasi di Indonesia, lah kok pas saya konsul tentang flat nipple penjelasannya kurang greget. Padahal saya di ruangan sendiri, ngga campur sama pasien lain, Kenzie pun di ruangan yang sama dengan saya, dia ngga mau dong mencontohkan cara menyusui yang benar, huhu. Padahal teman-teman saya di RSIA lain dokter anaknya ngajarin. Kenzie jadi kenal nipple shield deh.
Tempat Praktek : RSIA Buah Hati Ciputat & RSIA Buah Hati Pamulang


2. dr. Aditya Suryansyah, SpA (K)
Yang rumahnya daerah Tangsel khususnya ciputat-pamulang dan punya anak kecil, pasti kenal sama dokter fenomenal ini. Kalau antri di beliau banyak-banyak zikir. Padahal beliau mulai praktek di RSIA Buah Hati Ciputat jam 4 sore kalau hari sabtu, tapi udah banyak yang antri sejak subuh. Biasanya suami saya ambil nomor jam 6 pagi, itu bisa dapet untuk nomor 30an. Yang bikin Dokter Adit lain dari yang lain, beliau mengecek tumbuh kembang anak, nanti disamakan dengan kertas Denver deh. Kalau ada yang tidak sesuai dengan umurnya si anak, dokter adit akan mengajarkan cara menstimulasinya. Dr. Adit spesialis anak dengan subspesialis Tumbuh Kembang Anak. Bisa liat video di bawah ini ya interaksi dr. adit dengan anak.

Lalu beliau juga meminimalisir penggunaan antibiotik. Dokternya pun jelasinnya enak, cuma karena pasiennya super banyak, jadi sebentar banget ketemunya. Saya sih selalu bawa daftar pertanyaan setiap mau imunisasi Kenzie. Dan enaknya kalau di whatsapp dr. adit bales walau agak lama sih. Tapi setelah ketemu dr. Endah dan dr. Wati saya jadi beralih ke mereka.
Tempat Praktek : RSIA Buah Hati Ciputat & RSIA Buah Hati Pamulang

3. dr. Mutiara Siagian, SpA
Awal ke dr. Mutiara karena dr. Adit cuti sedangkan Kenzie sudah jadwalnya imunisasi. Selama anak sehat saya akan selalu ikutin tanggal imunisasi yang dokter berikan, makanya pas ngga ada dr.adit yowes lah ke dr.mutiara aja. Dokternya oke, kalau jelasin lebih detail dari dokter adit, cuma ngomongnya cepet banget. Mesti konsentrasi dan siapin kuping saat dr. mutiara menjelaskan. Antian beliau ngga separah dr. adit. Cuma saya kurang sreg bawa Kenzie ke dr.mutiara saat batpil (agak parah sih kondisinya saat itu), beliau langsung nyuruh di uap (berturut-turut 3 hari).  Enaknya sama dokter mutiara, beliau bales wa dan cepet balesnya. Apalagi kalau chatnya sebelum jam 8, biasanya langsung dibalas.
Tempat Praktek : RSIA Buah Hati Ciputat

4. dr. Fajar Subroto, SpA (K)
Awal ke dr. Fajar kejadiannya mirip2 kayak ke dr. Mutiara, karena dr. Adit dan dr. Mutiara cuti, waktu itu akhir tahun. Nah si Kenzie batpil karena minimnya pengetahuan saya, kalau Kenzie udah batpil saya pasti panik, langsung deh bawa ke dokter. Saya ngga cocok banget deh sama dokter Fajar. Mau buru-buru aja jelasin. Bahkan pertanyaan saya belum kelar, dia kayak udah tatap-tatapan gitu sama susternya dan susternya udah bukain pintu, biar saya cepet2 keluar. Cukup sekali deh ke beliau
Tempat Praktek : RSIA Buah Hati Ciputat & RSIA Buah Hati Pamulang

5. dr. Anita Juniatiningsih, SpA
Beliau ikut aliran RUM (Rational Using Medicine) saya ke beliau saat Kenzie sakit mata dan Batpil. Untuk sakit matanya Kenzie diberikan semacem salep gitu. Tapi untuk batpilnya beliau tidak memberikan obat, karena menurut beliau batpil itu karena virus dan virus ngga ada obatnya. 
Tempat Praktek : Kemang Medical Care (KMC)

6. dr. Endah Citraresmi, SpA  
Selang seminggu ke dr. Anita batpilnya Kenzie ngga sembuh-sembuh, mulai deh gamang papa nenek kakek nya Kenzie. Terutama Nenek dan Kakeknya ya, agak sulit di educate. Menjelaskan tentang RUM, beliau bilang masa orang sakit tidak dikasih obat. Sudah dijelaskan dengan alasan virus dan bakteri pun masih sulit, karena mereka bilang ya buktinya ini ngga sembuh-sembuh, ngga kasian apa liat Kenzie batuk parah banget. Yaudah deh nyerah, saya ajak lagi ke dokter, tentu saya nyari dokter dengan aliran RUM juga. Setelah ke dr. Endah pun jawabannya sama dengan dokter Anita. Oh ya, dr. Endah spesialis anak dengan subspesialis alergi. Saya sempat menanyakan, apakah ada hubungannya antara alergi dengan batuk pilek? Jawaban beliau tidak, apabila anak alergi terhadap makanan, reaksi di tubuhnya bukan batpil tapi pup yang berdarah. Pengetahuan baru untuk saya saat itu, karena dulu saat Kenzie batpil sempat dibilang ini karena alergi, jadi saya mengiyakan saja Kenzie diberikan anti alergen, huhu.
oh ya dr. Endah aliran RUM pastinya, ngejelasinnya juga detail banget. 
Tempat Praktek : Kemang Medical Care (KMC) 

7. dr.Purnamawati S.Pujiarto, SpAK, M.MPaed (dr. Wati)
Aku cinta padamu, Eyang Dokter. 
Dokter lah yang (memaksa) saya belajar banyak untuk mencari tau tentang kesehatan Kenzie. Karena menurut beliau, tidak ada dokter terbaik untuk anak, kecuali orang tuanya sendiri. 
Awal kesana masih dalam road show batpil si Kenzie (sudah ke dr. Anita dan dr. Endah) Walau awalnya saya takut, karena banyak yang bilang beliau galak. Tapi demi kesehatan anak yasudah lah ya. Toh kalau saya salah saya jadi tau. Pertama kali bertemu beliau, tanpa basa basi dong saya diceramahin di ruangan 45 menit hahaha dan kali ini saya bawa mama saya masuk ke dalam ruangan, biar mama mendengarkan juga penjelasan dokter. Beliau luar biasa detailnya, beliau mencatat semua Rekam Medik Kenzie sejak lahir, dari BB, TB, LK. Padahal Kenzie pertama bertemu beliau umur 14 bulan. Lalu dicatat juga imunisasi, penyakit dan obat Kenzie. Lalu beliau menjelaskan tentang batpil. Batpil itu karena virus, jadi ngga ada obatnya. Obat Batpil cuma banyak minum ASI, air putih dan istirahat, untuk orang tuanya mesti sabar. Lalu beliau ngomel kenapa saya hobi banget bawa anak ke RS 😂
Quote beliau "Rumah Sakit itu bisnis, Bu. Jadi jangan sering-sering sedekah ke dokter"
Beliau pun ngga ragu membuka buku kitabnya kalau lupa, atau beliau buka hp untuk googling apa kandungan di obat itu. 
Setelah Kenzie di rawat karena Kejang. Baca ini Pertolongan Pertama Pada Anak Kejang, saya pun konsultasi ke beliau. Beliau sampai menjelaskan apa yang harus orang tuanya lakukan saat anaknya diminta untuk dirawat. Karena hak prerogatif pasien (dalam hal ini ortu pasien, karena Kenzie masih kecil) untuk bertanya dan menentukan, hal-hal apa yang boleh dilakukan oleh dokter terhadap tubuh kita. Semoga dokter sehat selalu ya, agar bisa bertemu orang tua baru macem saya yang cemen dan kurang ilmu ini dan membuat mereka membuka mata akan kesehatan anak.
Oh ya beliau bersama beberapa dokter punya milis, isinya macem-macem yang jelas tentang kesehatan anak. Bisa cek disini ya Milis Sehat

Tempat Praktek : Markas Sehat
 
 8. dr. Yulianto Santoso Kurniawan, SpA
Sepertinya dokternya aliran RUM. Saya kesini karena mau konsul tumbuh kembang sama dokter wati, udah antri 2 minggu masih ngga dapet juga, yaudah lah saya pilih dr. Anto aja, karena temen saya ada yang bilang beliau juga oke. Alih-alih tumbuh kembang (bicara) malah konsen dokternya TB nya Kenzie, katanya kurang banget. Disuruh test macem-macem karena takut stunting. Karena ngga percaya, sama papanya Kenzie disuruh cari second opinion dokter lain. Dokter-dokter lain bilang normal kok Kenzie, cuma emang mendekati garis kuning. Tapi wajar, karena TB pas lahir Kenzie pun dibawah 48. Jadi cukup sekali deh kesana.
 Tempat Praktek : Markas Sehat



Sebenernya ada 1 dokter di RS Premier Bintaro, tapi saya lupa namanya, saya pun ngga akan ke dia lagi. Dokter anak ngga mau megang anak sama sekali dong bok. Dia sibuk dengan layar komputernya. Saya kesana karena lokasi imunisasi MR terdekat dari rumah dan ready cuma disana.

Urutan dokter diatas berdasarkan urutan waktu saya kesana. Jangan ditiru ya buibu ganti-ganti dokter terus kayak saya, lebih baik googling dulu dan banyak cari tau. Biar anak ngga sering terkontaminasi rumah sakit dan ngga banyak mengeluarkan uang 😅. Tapi dalam beberapa case perlu sih cari dokter lain untuk second opinion.

NOTE :
Tempat Praktek dokternya hanya yang pernah saya datangin ya, saya kurang tau tempat praktek yang lainnya.
Saya usahakan mencari dokter dengan aliran RUM. Agar meminimalisir Kenzie minum obat.

Semua keterangan di atas berdasarkan pengalaman saya ya. Tentunya mommy yang lain punya kesan dan pengalaman sendiri




Semoga bermanfaat ya Mommies

Komentar

  1. Bun dr wati praktek nya di rs mana ya ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. maaf banget bun saya baru sempat buka.
      beliau praktek di rs pondok indah

      Hapus
  2. Bun boleh minta nomer wa nya dokter mutiara?

    BalasHapus
    Balasan
    1. sepertinya kurang pas bun kalau saya memberikan.
      bisa minta ke beliaunya langsung aja ya bun :)

      Hapus

Posting Komentar

Silahkan Komen Disini