Puasa
Tampilkan postingan dengan label Puasa. Tampilkan semua postingan

Senin, 02 Juli 2018

Puasa di kala Menyusui

Menyusui
Alhamdulillah di umur Kenzie 19 bulan saya masih bisa memberi dia ASI, walau cukup berat perjuangan mengASIhi ini, tapi indah kok. Saya ingin mengASIhi sampai dia umur 2 tahun. Sebenernya sudah mulai di sounding untuk berhenti Nyenyen diumur 2 tahun kelak, etapi anaknya bukannya mulai mengurangi nyenyen, dia makin addict. Ayo cung ibu ibu yangs senasib dengan saya ☝
NahSetelah 2 kali Ramadhan tidak berpuasa, tahun ini saya mengukuhkan niat HARUS BISA berpuasa. Di tahun pertama karena hamil Kenzie dan di opname karena dehidrasi, kalau berpuasa khawatir dzolim sama sendiri dan janin padahal diperbolehkan oleh agama untuk tidak berpuasa. Tahun kedua karena niat, ilmu dan kegigihan saya tidak bulat, makanya gagal. Saya sering mual seperti mau pingsan di jam 11an, akhirnya saya buka dan melanjutkan untuk tidak berpuasa di tahun kemarin.
Ramadhan tahun ini dengan tekad yang bulat untuk berpuasa, mulailah dari awal tahun 2018 saya sudah mencari-cari info mengenai puasa untuk Ibu Menyusui. Dari banyaknya sumber, akhirnya saya menerapkan beberapa hal

YAKIN
Ya menurut saya hal yang pertama itu, keyakinan di hati. Yakin bisa menjalankan. Kalau ada kegundahan sedikit saja, akan susah jalaninnya dan berakhir gagal seperti ramadhan saya tahun 2017.

Makanan dan Minuman yang di Konsumsi
- minum air mineral yang cukup. (saya sehari minimal 3 liter)
- jangan terlalu banyak minuman yang manis saat sahur. Kalau efek di saya membuat tubuh menjadi lemas di siang hari nya.
- makan kurma saat berbuka (ini wajib banget sih) pernah saya lupa ngga makan, beneran lemes dong badan. Ngga tau sih ini sugesti atau gimana. Tapi kan makan kurma disaat berbuka memang dianjurkan oleh Rasul, jadi mending jalanin aja, hehe.
- jangan lupa makan yang bergizi dan makan yang banyak serat. 

Pumping
Selama puasa saya pumping hanya 1 kali (ngga bener banget hahaha) karena produksi asi saya sudah tipisssss banget dan pada saat puasa turun setengahnya, kalau saya pumping 2 kali, sekali dapet 20-30 ml, miris aja gitu liat isi botol super minimalis. Jadi biasanya saya pumping sekali di jam 3an, nah dapetnya 50-60ml.

Cari temen senasib
Berhubung pekerjaan saya yang mengharuskan saya pindah-pindah gedung, jadi saya banyak nyicipin ruang pumping di kantor lain. Bukan nyicipin tempat doang, saya jadi banyak kenalan dengan seperjuangan mom EPING. Paham lah ya kalau ibu-ibu ngumpul pada ngapain, yak NGOBROL. Saya jadi banyak denger kisah-kisah ibu lain tentunya yang positif bisa diterapkan.

baca juga ya, kisah Messa dalam Menyusui saat Puasa. Perjuangan Messa lebih berat sih kalau menurut saya, karena dia masih banyak banget pumpingnya 😄
© raniprovit
Maira Gall