The Smile Dental, Klinik Gigi di BSD

Halo Semua,

Siapa yang selalu bermasalah dengan gigi? Kalau kalian menjawab iya, kalian satu nasib dengan aku. Sejak aku hamil, selalu ada aja masalah gigi ku yang muncul. Berawal dari gigi bungsu yang tumbuh saat hamil trimester 1, saat itu dokternya tidak menyarankan untuk cabut. Solusi kala itu, gigi bungsu ku dikikis sedikit, sehingga ada ruang untuk gigi bungsunya tumbuh dan tidak nabrak geraham di depannya. Mungkin itu adalah solusi yang terbaik, yang dokter giginya tau. Sayangnya, aku tidak rajin membersihkan sela-sela gigi yang dikikis tadi.

Long story short, Geraham di depan yang dicabut tadi bolong dan seperempat dari giginya patah. PSA pertama dilakukan diakhir tahun 2018 namun baru 6 bulan tambalan gigi tetapnya patah, aku tambal gigi lagi dan bertahan setahun lebih. Kemudian aku biarkan, pikirku ah ngga sakit ini. Akhir 2021 kembali aku merasakan sakit gigi yang aduhai, akhirnya awal 2022 aku PSA kedua. PSA sudah aku jalani, sampai sudah “pengisian”, yang pernah PSA pasti tau maksud pengisian apa. Ternyata tidak bisa di tambal tetap, karena saat pengisian sudah selesai gigi masih sakit. Rontgen ulang dan benar ada bagian syarafnya yang bermasalah. Mau tidak mau giginya harus dicabut. Saat itu aku belum siap mental, belum siap gigi ku ompong, belum siap harus ribet dengan gigi palsu, masih sakit hati sama gigi sendiri udah repot PSA eh gagal hahaha.

The Smile Dental, Klinik Gigi di BSD


Klinik Gigi BSD, The Smile Dental

Setelah memantapkan diri untuk cabut gigi, aku mulai mencari info dan review mengenai Klinik Gigi yang Bagus di BSD, ketemu lah aku dengan salah satu Klinik Gigi BSD, ternyata beberapa teman ku sudah pernah mereview, makin yakin lah ya. Berangkat lah aku berdua Ken, menuju Klinik Gigi BSD, namanya The Smile Orthodontic and Aesthetic Dental Clinic. Lokasi tepatnya di Ruko Golden Madrid 2, Jalan Letnan Sutopo No. 05 Mekar Jaya Kec. Serpong, Kota Tangerang Selatan.

Saat memasuki kliniknya, vibesnya udah beda banget. Tidak terasa seperti di dokter gigi. Designnya minimalis modern. Pada saat masuk, aku diminta untuk mengganti sepatu dengan sendal yang tersedia di klinik, lalu aku mengisi data diri untuk tindakan yang akan dilakukan, terakhir aku diminta untuk menggunakan APD, perawat membantu aku saat pemakaian APD, suka deh kliniknya masih menerapkan protokol covid. 

The Smile Dental


Sebelum masuk ke ruangan dokternya, aku meminta Ken untuk ke kamar mandi dulu, takutnya saat aku lagi diperiksa oleh dokternya dia minta ke toilet. Senang deh toiletnya bersih dan harum. Selesai dari toilet, aku meminta Ken menunggu ku di sofa depan Resepsionis, sudah aku siapkan amunisi dia agar anteng. Ya tapi gimana ya, terlalu cinta sama mamanya, belum masuk ke ruang dokter udah dipanggil "Ma Ma aja". Untungnya perawat disana sigap mengalihkan, si Ken dipinjamkan remote smart tv, yasudah anteng lah dia nonton.

The Smile Dental, Klinik Gigi di BSD
Ruang Tunggu The Smile Dental


Waktunya Pemeriksaan :)

Sungguh saat melangkah memasuki ruang dokter aku deg-degan banget. Seperti ada bisikan ke khawatiran ku, beneran udah siap belum ya aku cabut gigi, nanti nyaman ngga setelah di pasang gigi palsu, tapi aku meyakinkan diri untuk melangkah masuk.

Saat sudah di ruangan, aku diminta untuk berbaring oleh dokternya. Oh ya, aku diperiksa oleh drg. Destri. Selanjutnya drg. Destri menanyakan keluhan ku, dilanjutkan dengan menanyakan hasil foto rontgen setelah "pengisian" PSA. Duh rasanya kok aku dudul banget ya, ngga inget harus bawa hasil rontgen, saat mau datang ke klinik pun ngga kepikiran aku untuk tanya-tanya dulu ke perawatnya. Akhirnya drg. Destri menawarkan untuk ngecek gigi ku dulu secara menyeluruh, sambil dijadwalkan kembali untuk pencabutan gigi setelah membawa hasil rontgennya.

Deg, yang aku kira selama ini gigi ku yang lain baik-baik saja ternyata tidak ferguso. Sudah ada 3 gigi ku yang berlubang, 2 lubang kecil dan 1 lubang sedang. Sungguh aku sudah kapok menggampangkan gigi, udah ngga mau lagi beranggapan "ah ngga sakit kok", karena kalau sudah sampai terasa sakit apalagi udah terkena syaraf, ngga main-main sakitnya. Makan keganggu, tidur keganggu, kepala sakit, mood berantakan, melupakan Reyhan tidak ada apa-apanya dibanding sakit gigi.

Setelah dijelaskan oleh drg. Destri, aku menanyakan mana yang harus di prioritaskan, karena kalau langsung ketiganya, rekening ku yang akan bersedih 😂. Aku memutuskan untuk menambal 1 lubang yang sedang terlebih dahulu, yang lainnya tunggu bulan depan. Satu poin plus lagi menurut ku untuk @thesmile.dental, perawat maupun dokternya tidak memaksakan dan memojokan pasien agar melakukan semua tindakan yang dianjurkan dokter.

Setelah sepakat gigi mana yang akan dilakukan tindakan, dokter meminta ku untuk berkumur terlebih dahulu, lalu dokter dan perawat melakukan penambalan di gigi ku. Menurut ku pengerjaannya rapi, air water syringenya ngga muncrat ke pipi maupun baju. Suctionnya juga pas peletakannya tidak terlalu dalam, kalau terlalu dalam bikin mual, aku pernah ngerasain suctionnya terlalu dalam berasa mual euy.

The Smile Dental, Klinik Gigi di BSD

dr. Destri sabar banget, berkali kali aku diminta untuk menggigit semacam lembaran karet, yang fungsinya untuk ngecek apakah gigi atas dan bawah bertabrakan setelah penambalan gigi, jadi pasien tidak hanya ditanyakan apakah sudah nyaman atau belum, dokternya ngecek dari lembaran karet yang aku gigit. Saat aku belum nyaman, dr. Destri akan kembali merapikan tambalannya sampai aku nyaman dan sudah sesuai dengan lembaran karetnya.

The Smile Dental, Klinik Gigi di BSD


Saat sudah selesai aku ngobrol-ngobrol sedikit dengan dr. Destri, menanyakan tindakan apa saja yang bisa dilakukan di The Smile Orthodontic and Aesthetic Dental Clinic, beberapa hal yang aku ingat, pasang behel gigi karena The Smile Dental memilki dokter gigi spesialis ortodonti, yang mau operasi gigi bungsu pun bisa ya. Harganya pun bersaing.

Setelah selesai tindakan aku menuju tempat pembayaran dan menemui Ken. OMG, anaknya diajak pulang ngga mau dong, terlalu nyaman dia The Smile Dental.

The Smile Dental
Difotoin si Ken

Senang deh aku menemukan klinik gigi dekat rumah yang pelayanannya baik dan harganya masih terjangkau. Untuk teman-teman yang mau cek giginya ke The Smile Dental bisa cek ke instagramnya di @thesmile.dental.

6 komentar

  1. Aku jadi penasaran mau coba treatmennya

    BalasHapus
  2. Senang banget emang kalau bisa ke dentist rutin cek cek gigi itu
    aku udah selama 4 tahunan ini sekeluarga di Moderen Dental Clinic Gading Serpong, so far pengalaman ke sini juga enak, drg nya ramah ramah

    BalasHapus
  3. Ini cabangnya dmn aja mom?

    BalasHapus
  4. Bagus Rani sdh berbagi pengalaman , dgn di share IG,
    gigi itu harus dirawat dgn benar, karena sangat berhubungan dgn saraf otak.

    BalasHapus
  5. Mantap Rani , udah berbagi pengalaman

    BalasHapus
  6. Terima kasih Rani sudah berbagi pengalaman tentang perawatan gigi, di tempat yg nyaman, dokter yg teliti, karyawan yg cekatan, semoga cepat sembuh.

    BalasHapus

Silahkan Komen Disini