Pencarian TK di Tangerang Selatan

Akhir tahun 2019 kemarin, saya sibuk keliling TK sekitaran Ciputat, Bintaro dan BSD, rencananya tahun ajaran 2021 si Ken akan masuk TK A, jadilah saya dan suami sibuk mencari sekolah buat dia. Sebelumnya saya googling dulu, ada TK apa saja di Tangsel yang jaraknya masih terjangkau dari rumah.
Mungkin ada yang bertanya-tanya, kok cepat banget, kan masih lama sekolahnya? Iya, daripada saya terus bertanya-tanya sendiri berapa biaya TK di Tangsel. Lagipula agar persiapan dananya lebih optimal dan mendapatkan info yang lengkap.


Kindergarten


Saya baru mendatangi 5 TK di Tangsel, eh emang cuma itu aja sih yang masuk list. Sebelum saya share beberapa TK yang saya datangi, saya memiliki 5 pertimbangan utama saat menentukan sekolah untuk si Ken:

1.  Karakter Anak 
Bagi saya dan suami, sebelum memilih sekolah yang diinginkan, hal terpenting adalah mengetahui karakter anak. Hal ini menjadi poin utama, agar Ken happy dan fun di sekolah, tidak terbebani apalagi sampe stress. Berhubung dia tipe anak yang tidak bisa duduk berlama-lama dan aktif, saya mencari sekolah yang metode belajarnya tidak terus menerus berkutat di meja dan kursi sekolahnya.
2. Motode Pembelajaran/Kurikulum
Metode Pembelajaran/Kurikulum sekolah erat kaitannya dengan karakter anak. Saya dan suami mencari sekolah yang metode pembelajarannya tidak membebani anak. Sehingga penting bagi kami mencari sekolah yang tidak mewajibkan calistung dan hafalan di usianya saat ini. Dan ke depannya kami tidak ingin si Ken hanya menghafal tapi kami ingin dia tau maknanya. 
3. Fasilitas
Tidak bisa dipungkiri, fasilitas sekolah sangat menunjang kegiatan si anak. Sehingga sekolah yang fasilitasnya baik masuk ke dalam pertimbangan kami. Fasilitas itu termasuk gedung sekolah, ruangan kelas, jumlah murid, jumlah guru dalam 1 kelas, bahasa pengantar, halaman bermain, fasilitas bermain, serta ekstrakurikuler.
4. Jarak
Buat ku jarak tak kalah penting dari 3 poin diatas, agar anak tidak terlalu capek dan bosan di jalan, apalagi ini masih TK, mood anak balita kan seperti roller coaster. Kalau pertimbangan kami, jarak optimal itu tidak lebih dari 5km dari rumah.
5. Biaya Sekolah
Tentu dong biaya wajib jadi pertimbangan utama, semua pasti ingin memberikan yang terbaik untuk anaknya, tapi tetap harus sesuai dengan kemampuan, jangan sampai demi menginginkan anaknya sekolah di tempat yang bagus, ortunya harus utang sana sini, apalagi ini masih TK ya, perjalanan dan biaya sekolah si anak masih panjang. Perlu diingat, biaya sekolah itu tidak hanya uang pangkal dan SPP bulanan, ada uang catering, uang antar jemput, uang kegiatan, uang tahunan, uang jajan mamanya (apabila ditunggui mamanya), belum lagi biaya gaya hidup. Kalau ikutin poin 1 dan 2, ya inginnya masukin Ken ke sekolah yang kurikulumnya montessori, cuma kan mama papanya belum sanggup membiayai, jadilah mencari sekolah yang kurikulumnya mendekati.

Dari 5 pertimbangan diatas, saya mendatangi 5 TK yang sekiranya sesuai. Sebelum datang ke sekolah yang masuk list, tentunya saya sudah googling, buka review orang lain, bertanya ke teman yang anaknya sudah sekolah disana, buka website sekolah tersebut, sehingga saya sudah ada gambaran saat datang dan tidak gambling.

TK Tanah Tingal
Visi : Membentuk siswa yang berkarakter berani, bertanggung jawab, melalui kegiatan eksplorasi lingkungan.
Misi : Menanamkan karakter yang cerdas, pengetahuan lingkungan sejak dini, hidup bersih, disiplin dan bertoleransi.
Jumlah Kelas : 1
Bahasa Pengantar : Indonesia
Lokasi : Jl. Merpati Raya, Ciputat.
Tidak ada PR atau home project, tidak mengharuskan bisa calistung, pendekatan sesuatunya ke alam termasuk saat mengajari mengenal huruf dan angka dan tidak menggunakan seragam.
Biaya TK Tanah Tingal:
TK Tanah Tingal
Biaya TK Tanah Tingal
Apabila menginginkan ke sekolah ini, lebih baik daftar saat mereka open house, karena mereka suka memberikan diskon uang pangkal sebesar 50%. Biaya sudah All in, termasuk field trip atau kegiatan di sekolah lainnya. Lahan parkirnya luas sekali, mereka sedang membangun gedung baru kalau lihat dari designnya sih bagus tapi belum tau selesainya kapan. Bentuk kelasnya bukan ruangan tertutup, tapi seperti saung. Dari karakter anak, metode sekolah, jarak sudah masuk banget deh sama si Ken. Cuma papanya ngga sreg di sekolah ini karena fasilitasnya. Ya wajar sih, kan dia menggunakan metode pendekatan ke alam sehingga fasilitas sekolahnya pun mengikuti, banyak pohon-pohon besar, aksesnya pun masih tanah, jadi banyak nyamuk. Saat kesana habis deh tuh tangan kaki muka si Ken digigitin nyamuk, jadi papanya khawatir anaknya bakal digigit nyamuk terus.

TKIT Alfath BSD
Motto : Sekolah Dwibahasa Berwawasan Islami
Jumlah Kelas : 2
Bahasa Pengantar : Indonesia
Lokasi : BSD Sektor XIV.
Metode yang digunakan active learning, mewajibkan anak untuk hafal beberapa surah (saya lupa pastinya surah apa), ada home project.
Biaya TK Al-Fath:
TK AlFath
Biaya Sekolah TK AlFath

Al Fath ini ada 2 lokasi ya, BSD dan Ciputat yang saya datangi di BSD. Gedung sekolahnya terdiri dari 3 lantai dan aksesnya menggunakan tangga, bentuk sekolahnya seperti gedung perkantoran. Akses keamanannya bagus, setiap mau masuk atau keluar dari sekolah harus pencet tombol terlebih dahulu dan ukurannya cukup tinggi sehingga hanya bisa dijangkau orang dewasa (ada satpam yg stand by) salah satu preventif mereka karena lokasi sekolahnya langsung berpapasan dengan jalan besar. Ruang kelasnya besar, dalam satu kelas terdapat 2 tempat belajar, lesehan dan di kursi. Kursi dan meja hanya digunakan saat makan bersama dan pelajar menempel menggunting. Dari semua yang saya datangi, pilihan ekstrakurikulernya AlFath yang paling banyak. Lahan parkirnya tidak terlalu besar, begitu juga area bermain outdoornya, menurut saya mirip area bermain di daycare. Pada brosurnya AlFath tercantum Cambridge Assesment English, akan tetapi saat saya cek di https://www.cambridgeinternational.org/ Al-Fath tidak termasuk di list mereka.

TKIT Al-Falaah
Motto : Aktif Bermain Sambil Belajar
Jumlah Kelas : 3
Bahasa Pengantar : Indonesia
Lokasi : Vila Mutiara, Sawah Baru - Ciputat.
Metode yang digunakan Active Learning dan Learning by Playing, mewajibkan anak untuk hafal beberapa surah (saya lupa pastinya surah apa), mewajibkan anak untuk bisa calistung.
Biaya TK Al-Falaah:
TK Al-Falaah
Biaya TK Al-Falaah
Area sekolah Al-Falaah guede banget, dia satu area dengan SD dan SMP nya. Bangunannya terdiri dari 2 lantai. Ruangan kelasnya besar. Area bermain outdoornya cukup. Area parkir juga besar sekali. Saat berbincang dengan kepala sekolah mengenai cara mengajarnya, kami kurang sreg, sehingga tidak banyak informasi yang digali.

Bumi Bambini
Jumlah Kelas : 2 (1 Pagi - 1 Siang)
Bahasa Pengantar : Indonesia
Lokasi : Sawah Lama - Ciputat.
Metode yang digunakan Multiple Intelligence Monitoring System (MIMS), tidak mewajibkan anak untuk bisa calistung.
Biaya Bumi Bambini:
Bumi Bambini
Biaya Bumi Bambini Kelas Pagi
Bumi Bambini
Biaya TK Bumi Bambini Kelas Siang
Untuk metode pembelajarannya mungkin banyak yang bingung ya. MIMS merupakan metode pembelajaran dengan pembagian kemampuan anak berdasarkan 8 aspek, terdiri dari kecerdasan bahasa, musikal, logika-matematika, visual-spasial, kinestetis-tubuh, intrapersonal, interpersonal dan naturalis. MIMS dijadikan acuan akan ketertarikan anak dalam suatu hal. Diantara sekolah yang saya datangi, bumi bambini lah yang paling lengkap fasilitasnya. Di sekolahnya terdapat kolam renang, 1 lokasi tempat bermain pasir beserta ayunan dan perosotan, outbound (flying fox dan teman-temannya ada loh), beberapa hewan peliharaan, sampan kecil. Saya langsung menghayal, kalau sekolah saya dulu seperti ini, pasti saya akan sulit pulang dari sekolah. Dengan fasilitas yang diberikan dan harga yang ditawarkan, ngga heran sih bumi bambini jadi rebutan mama-mama di sekitaran Bintaro - Ciputat - Pamulang - BSD. Untuk pendaftarannya online, jadi kalau ngga dapat kuota yaudah babay, ngebombay deh mamanya. Karena mereka memiliki kelas playgroup, sehingga kuota TK kelas pagi biasanya sudah penuh diisi oleh anak-anak playgroupnya. Jadi, mama-mama kayak saya yang ingin anaknya sekolah disini, mesti legowo untuk masuk ke kelas siang. Jam sekolah anak tentunya menjadi pertimbangan besar untuk orang tua, termasuk saya. Karena ngga mudah kan mengubah jam biologis, kalau sudah terbiasa aktifnya di siang - sore, takutnya saat sd akan menjadi kendala.
Oh ya, untuk biayanya saya kurang lengkap. Catatan saya di buang sama si mbak 😭. Cuma seingat saya, total yang dibayarkan setiap tahunnya sekitar 10juta, itu termasuk uang seragam dan karyawisata.

Sekolah Nusantara Ibu Kelinci
Jumlah Kelas : 2 (1 Pagi - 1 Siang)
Bahasa Pengantar : Indonesia
Lokasi : Sawah Lama - Ciputat.
Metode yang digunakan mengadaptasi filosopi montessori, tidak mewajibkan anak untuk bisa calistung.
Biaya Sekolah Ibu Kelinci:
Sekolah Ibu Kelinci
Biaya Sekolah Ibu Kelinci

Saat tau sekolah Ibu Kelinci mengadaptasi filosopi montessori saya langsung tertarik. Saat wawancara dengan kepala sekolahnya membuat saya semakin tertarik dengan sekolah ini. Beberapa contoh yang membuat saya tertarik, saat pertama masuk, tiap anak akan di observasi terlebih dahulu apa yang menjadi kelebihan dan kekurangan mereka. Apabila si anak belum siap menggunakan pensil dengan benar, maka akan ada treatment khusus untuk anak tersebut, akan dilihat sensorinya dimana yang masih kurang dan itu yang akan diperbaiki. Saat anak diperkenalkan calistung, salah satu cara awalnya mereka menggunakan pasir sebagai medianya, dengan sensori yang dirasakan si anak, mereka akan lebih mengingat bagaimana bentuk huruf atau angka tersebut. Dalam sebulan sekali mereka mengambil tema daerah berbeda yang ada di Indonesia, tidak hanya letak daerah, baju adat dan permainan daerah yang dikenalkan, makanan daerahnya pun turut diperkenalkan. Mereka akan makan bersama dengan mencicipi ciri khas makanan dari tiap daerah.
Kepala sekolahnya sudah mengantongi sertifikat montessori. Yang menyenangkan dari sekolah ini, orang tua tidak perlu repot dan pusing lagi memikirkan akan membekali anak apa, karena SPP perbulan sudah termasuk catering. Saya suka sekali dengan metode pengajarannya, namun sangat disayangkan, ruang lingkup sekolahnya kecil sekali. Seperti Bumi Bambini, Ibu Kelinci juga favorit mama-mama sekitaran Bintaro - Ciputat, daftarnya online dan biasanya kelas paginya sudah full dari rombongan anak-anak playgroup mereka, jadi kalau masuk ke sekolah ini ya di jam siang.

Semua ada plus dan minusnya, mungkin kalau semua seperti yang diinginkan biaya sekolahnya ngga segitu ya. Selain menyiapkan uang untuk pendaftaran di akhir tahun ini, kayaknya saya mesti latihan untuk daftar sekolah anak, mungkin bisa dimulai dari belanja baju online yang berapa detik doang sold out 😝

Sesungguhnya saya masih bingung memilih sekolah mana yang terbaik untuk si Ken, karena 2 sekolah yang diinginkan kuotanya hanya ada siang. Kalau tanya si Ken mau sekolah yang mana selalu jawabannya yang yang ada pasirnya ma. Sekarang pun dia heboh menanyakan kapan dia sekolah.

Pertimbangan setiap keluarga dalam memilih sekolah anaknya tentu berbeda. Sehingga belum tentu bagi keluarga saya cocok, di keluarga mama yang lain cocok. Jadiii, sebelum meninjau dan memutuskan sekolah anak, cari dulu info sebanyak-banyaknya, datangi sekolahnya dan ajak anaknya. Boleh loh mam, share sekolah lain daerah Tangsel di kolom komentar.

Semoga informasinya bermafaat 😊

Tidak ada komentar

Posting Komentar

Silahkan Komen Disini