Selasa, 10 September 2019

Asah Kepeduliaan si Kecil di Permainan Edukatif BebeLand

Moms, tahu ngga sih umur 0-60 bulan adalah masanya bermain bagi si kecil, dengan bermain banyak sekali manfaatnya bagi si kecil. Hal terpenting dari bermain, si kecil akan mendapatkan stimulasi. Stimulasi baik untuk motorik dan sensoriknya, hal ini berkaitan erat dengan sinaps (serabut saraf). Semakin banyak sinaps yang terbentuk, maka semakin cepat otak merespon sesuatu dan sangat berkaitan dengan kecerdasan si kecil. Saya pun sudah pernah sharing tentang hal ini di Daya Pikir si Kecil. 
Selain aspek kecerdasan (IQ) dengan bermain dapat menumbuhkan kecerdasan emosional (EQ). Empati dan rasa peduli salah satu contoh kecerdasan emosional yang dapat dibangun dari bermain. Dengan mengembangkan rasa peduli, si kecil mampu memiliki perilaku prososial, yaitu perilaku membantu orang lain tanpa pamrih, yang mana hal ini sudah sulit ditemukan. Pas banget beberapa hari lalu salah seorang mominfluencer yang saya follow, sharing perjalanannya dari suatu negara yang menurut saya miskin sekali perilaku prososialnya. Hanya sekedar minta foto bersama dimintai uang, bahkan petugas toilet yang tanpa dimintai tolong untuk mengambilkan tisu ujung-ujungnya minta uang, kebayang kan parnonya sebagai turis di negara itu. Setelah membaca IGS nya, saya jadi bersyukur tinggal di Indonesia, masih banyak masyarakat disini yang memiliki rasa prososial.
Untuk mewujudkan hal yang seimbang antara IQ dan EQ si kecil saat bermain, Bebelac menghadirkan Bebeland sebagai sarana bermain bagi si kecil. 

Bebeland adalah permainan edukatif dan dirancang dengan alur cerita "masalah - solusi", si kecil dilatih untuk mengasah rasa pedulinya terlebih dahulu, sebelum diajak melatih daya pikirnya untuk cepat tanggap memberi solusi yang berguna bagi sekitarnya. Bebeland dibagi menjadi 3 kategori permainan edukatif BebeTown, BebeForest dan BebeSea. Setiap kategori memiliki 5 permainan edukatif. 

BebeTown
BebeTown


Bebetown terdiri dari Light the City, Build the Bench, Fix the Gears, Move the Log dan Save the Animal. Pada Light the City ada kota yang listriknya mati, agar listrik sebuah kota bisa menyala kembali, si Kecil diajak untuk mengayuh sepeda.
Poin-poin yang di dapat dari bermain Light the City 
  • IQ : Mengayuh sepeda untuk menyalakan listrik kota.
  • SQ : Lampu taman kota menyala dan bergoyang sehingga taman terlihat cantik, anak-anak bisa bermain bersama di taman.
  • EQ : Rasa peduli meilhat taman kota yang keadaannya gelap, sehingga anak-anak berinisiatif memperbaikinya.

Mengayuh sepeda untuk menyalakan lampu kota

Selanjutnya Save the Animal, disini si Kecil diajak menjadi dokter kecil, ada seekor kucing yang terluka. Dimulai dari membawa kucing menggunakan ambulans ke rumah sakit, lalu mengobatinya. Poin yang didapat dari bermain save the animal :
  • IQ : Bermain roleplay menjadi dokter hewan.
  • Bekerjasama dengan teman-teman untuk sesegera mungkin memberikan pertolongan terhadap hewan.
  • Peduli terhadap hewan yang terluka.

Pak Dokter membawa kucing yang terluka ke RS

BebeForest

BebeForest

Bebeforest terdiri dari Rescue the Cat, Save the Forest, Save the Earth, Feed the Animals dan Find the Way.
Dalam Rescue the Cat, si Kecil diajak untuk membantu kucing yang terjebak di atas pohon. Poin dari bermain Rescue the Cat :
  • IQ : Cepat tanggap menolong kucing yang terjebak di atas pohon.
  • SQ : Bekerja sama dengan temannya untuk menyelamatkan kucing.
  • EQ : Rasa peduli anak terhadap orang lain dan hewan yang sedang kesulitan.
Menaiki papan panjat untuk membantu kucing

Permainan lain yang terdapat di BebeForest yaitu Feed the Animals. Kalau permainan ini mudah ditemukan, biasanya Kenzie memberikan makan ke kucing liar di lingkungan rumah. Kali ini Kenzie memberikan makan ke zebra. Poin yang di dapat dari feed the animals :
  • IQ : Tanggap mencari makan yang sesuai untuk binatang yang kelaparan.
  • SQ : Mengajak teman lainnya untuk kerjasama memberikan makanan pada binatang.
  • EQ : Peduli terhadap binatang, memberikan makanan yang tepat.
 

BebeSea

BebeSea

Kategori terakhir yang ada di BebeLand yaitu BebeSea. BebeSea terdiri dari Fix the Bridge, Clean the Ocean, Helping Friends, Preserve the Turtle, dan Coral Savior. 
Di Helping Friends si Kecil diajak membantu menyelamatkan temannya dengan mengendarai perahu. Poin yang di dapat saat bermain Helping Friends :
  • IQ : Sigap mengambil tindakan untuk menyelamatkan teman yang terdampar di pulau lain.
  • SQ : Tanggap bersosialisasi dengan mengajak teman lainnya menolong teman yang terdampar.
  • EQ : Rasa peduli menolong teman yang terdampar.
 
Helping Friends

Permainan selanjutnya yaitu Preserve the Turtle. Dengan bermain ini, si Kecil diajak berkreasi membuat penyu selanjutnya penyu tersebut dilepaskan ke laut. Poin yang didapat :
  • IQ : Sigap untuk ikut melestarikan penyu dengan membuat kreasi penyu.
  • SQ : Tanggap bersosialisasi bersama teman memperbanyak penyu-penyu lepas di laut.
  • EQ : Rasa peduli dengan kelestarian binatang penyu.
 
Mewarnai Penyu


Dari total 15 permainan edukatif di BebeLand, Kenzie berhasil menyelesaikan 14 permainan. Dia happy banget, lalu untuk apresiasi apa yang telah dilakukan si Kecil, mereka mendapatkan badge, kelihatannya receh tapi dia senang loh. Bisa jadi inspirasi juga nih untuk saya di rumah, jika Kenzie berbuat baik maka akan di berikan badge atau sticker.

Tidak hanya permainan edukatif, Bebelac turut menghadirkan Nusa dan Rara. Nusa dan Rara merupakan Film karya anak bangsa dan isinya "daging" banget. Mengajarkan si Kecil untuk berbuat kebaikan. Jatah Kenzie untuk screen time adalah weekend dan yang dia tonton pun sudah saya downloadkan, salah satu film yang saya perbolehkan tonton ya Nusa dan Rara ini.

BebeLand yang saya hadiri kemarin berlokasi di Summarecon Mall Bekasi, sayang hanya 2 hari, tanggal 7-8 September. Ssssst, jangan bersedih dulu ya moms, BebeLand akan hadir kembali pada tanggal 28-29 September 2019 di Tunjungan Plaza Surabaya dan 26-27 Oktober 2019 di Plaza Medan Fair. Semoga semakin banyak kota-kota yang dihadiri oleh BebeLand ya, saya juga masih menunggu BebeLand datang ke kota Tangerang Selatan ku tercinta 😆, semoga ada pihak Bebelac yang baca tulisan ini dan mewujudkan doa saya hehe. Saya tuh terakhir ke bekasi 4 tahun lalu, tapiiiii demi hadir ke BebeLand akhirnya saya turun gunung ke planet lain 😝.

Ide permainan edukatif dari BebeLand bisa banget nih saya terapkan di rumah, terutama saat weekend. Untuk yang membaca tulisan ku ini, jika berkenan, mau dong sharingnya mengenai permainan edukatif lainnya yang mudah diterapkan di rumah.

Semoga Tulisan ini Bermanfaat 💓

10 komentar

  1. Lengkap banget nih banyak permainan anak yg juga asah IQ, EQ dan SQ. ga sabar tungguin yg di Sby niih

    BalasHapus
    Balasan
    1. seru banget memang mba, sulit mengajak anak saya pulang

      Hapus
  2. Permainannya bnyak yang seru dan edukatif ya. Dewi ingin sekali hadir di acara seperti ini, ga sabar saat ada di surabaya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. catat tanggalnya ya mom, kosongin tanggalnya dari sekarang hehe

      Hapus
  3. Memang keren ya Bebeland ini, Kenzo aja sampai ngga mau pulang hahaha

    BalasHapus
    Balasan
    1. sama mba, anak ku juga susah banget diajak pulang

      Hapus
  4. Seru sekali ya acara bebeland ini, anak-anak bisa senang bermain sambil melatih EQ mereka juga.

    BalasHapus
    Balasan
    1. betul bun dan bisa jadi ide juga untuk kita saat bermain dengan anak di rumah.

      Hapus
  5. Lengkap banget banget mba penjelasan dan bermanfaat ya hehe. Berharap someday BebeLand hadir lagi Dan lebih lama :D Karena memang si kecil butuh banget wahana wahana semacam ini yaa.

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya bener.
      semoga 1 wahana bisa dimainkan lebih lama lagi ya bun

      Hapus

Silahkan Komen Disini

© raniprovit
Maira Gall