Selasa, 07 Mei 2019

Tips And Trik Kaum Milenial Membeli Mobil


Yeey, IIMS 2019 datang! 

Event tahunan bagi para pecinta otomotif hadir kembali di JIExpo Kemayoran selama 11 hari dari 25 April sampai 5 Mei 2019. Berhubung saya dan suami juga sedang mencari mobil, event ini seperti datang memberikan pencerahan. And...how lucky I am!. Ada jouska juga disana yang mengadakan talkshow. Jadi tanpa ragu, saya pun turut hadir dalam acara IIMS tahun ini. Saya kepo banget gimana tips dan trik dalam menentukan membeli mobil dari jouska. 

Dikarenakan kami juga adalah keluarga baru yang masih merintis, jadi untuk melakukan pengeluaran besar seperti untuk membeli rumah atau mobil perlu dilakukan secermat mungkin dan perlu berbagai masukan dari orang-orang yang berpengalaman dan para pakar finansial. Setelah putra pertama kami, Kenzie, lahir 2 tahun yang lalu, kami rasakan adanya kebutuhan untuk memiliki mobil. Karena untuk mobilitas saat bersama anak. Kalau dulu saat masih berdua suami sih cuek aja kemana-mana naik motor. Setelah adanya Kenzie, saya dan suami mikir banget nih, kasian banget kalau masih sekecil itu mesti angin-anginan, belum lagi polusi jakarta, jangan tanya deh kayak apa. Sebenarnya ada solusi lain, yaitu menggunakan taksi online, tapi setelah adanya aturan baru mengenai kenaikan tarif taksi online, bikin saya dan suami berfikir untuk membeli mobil aja, karena lumayan banget kalau di kalkulasiin perbulan, mending berhemat deh demi menambah aset. 

Selain itu, kadang tuntutan harus menghadiri event atau acara lainnya, sepertinya agak repot kalau mengandalkan transportasi umum atau taksi online. Hingga akhirnya kami putuskan untuk membeli mobil. 

Semua orang tentunya punya yang namanya mobil impian. Begitu pula dengan saya. Namun, semua itu pada akhirnya harus disesuaikan dengan kebutuhan dan budget tentunya.  Ada beberapa kriteria mobil yang sedang saya cari sebelum saya datang ke IIMS. 
  • 7 Seaters. Saya perlu mobil yang bisa membawa muatan banyak. Karena kalau pergi terkadang saya harus mengajak anggota keluarga lainnya. Pada kriteria awal ini, tentunya mobil jenis sedan sudah tidak masuk pilihan.  
  • Harga mobil dibawah 300jt. Ini kami sesuaikan dengan budget yang kami miliki. Karena mempertimbangkan pengeluaran-pengeluaran rumah tangga setiap bulannya. 
  • Nyaman. Buat kami, our car is our second home. Kita bisa tidur di mobil, makan di dalamnya. So, Kami mau mobil kami senyaman mungkin. Ini sebetulnya relatif. Karena mobil seperti apapapun bisa kita kondisikan untuk dibuat nyaman sesuai dengan ukuran kenyamanan yang kita inginkan.
  • Kabin senyap. Saya jujur saja sangat risih dengan suara knalpot motor yang bising.  
  • Lega. Ini penting banget nih, bagi yang punya anak kecil, karena peralatan anak banyak. belum kalau bawa stroller, tambah lagi car seat, makan tempat banget kan. 

Setelah berkeliling hall A JI Expo Kemayoran, rasanya saya jatuh hati ke salah satu mobil produksi Mitsubishi Motors,  Xpander Ultimate Limited 😍. Tampilan awalnya membuat saya jatuh hati pada pandangan pertama. Sebelum memutuskan untuk memilihnya tentunya saya cek dulu ke bagian dalamnya juga supaya tidak tertipu dari penampilan luarnya saja yang kece. Dan alhamdulillah! Semua kriteria yang saya inginkan ada di xpander, apalagi seri Ultimate Limited, cantik banget designnya, baik exterior maupun interior dan mereka cuma produksi 1000 mobil, keren kan, jadi ngga banyak menemukan mobil yang sama seperti yang kita punya. Tambah lagi, setelah xpander ini dikeluarkan, mereka merajai kelas LMPV, jadi ngga diragukan lagi ya bagaimana kualitasnya. Sesuai banget lah dengan hashtag xpander #PilihXpanderPinterBener

Beberapa kelebihan Xpander yang bisa jadi pertimbangan dalam membeli mobil :
  • Suspensi nyaman, lembut dan stabil
  • Top Class Room Roominess (Lega)
  • 20 tempat penyimpanan serbaguna
  • Futuristic Design
  • Aman dikendarai
  • Irit bahan bakar
  • Interior Mewah
  • Mesin Halus
  • Kabin Senyap

 Beberapa foto yang sempat saya ambil saat IIMS kemarin
Xpander Ultimate Limited
Xpander Ultimate Limited
Untuk pilihan warna, ultimated limited hanya berwarna putih.

Pilih Xpander Pinter Bener

Sticker di bagian bawah pintu mobil, yang memberikan kesan sporty.

Pilih Xpander Pinter Bener

Design Interior yang mewah

Pilih Xpander Pinter Bener
Ditambah lagi jok yang digunakan adalah jok kulit, menambah kemewahan.

Pilih Xpander Pinter Bener

Salah satu spot tempat penyimpanan.

Pilih Xpander Pinter Bener
Tampilan velg yang elegan, mempercantik exterior mobil.

Pilih Xpander Pinter Bener
Spesifikasi Xpander
Untuk dimensi, xpander lebih lega dibanding mobil di kelasnya. 
Pilih Xpander Pinter Bener
Spesifikasi Xpander

Setelah sibuk melihat-lihat xpander limited edition, ada hal lain yang saya tunggu, yaitu penampilan jouska. Ya, di hall mitsubishi ada talkshow bersama jouska, dengan tema "PinterBener Membeli Mobil Untuk Millenials". Jouska memberikan beberapa tips and trik dalam memilih mobil, tentunya dalam sudut financial ya. 


Talkshow bersama Jouska

Beberapa points dari Jouska yang mungkin bisa dijadikan referensi untuk membeli mobil. Terutama bagi para milenial.

1. Beli berdasarkan kebutuhan. 
Biasanya yang sudah berkeluarga apalagi punya anak, butuh mobil untuk mobilisasi, dan butuh mobil yang menampung kapasitas yang banyak (saya banget). Jangan membeli mobil hanya karena sebatas keinginan apalagi hanya untuk gaya. Ingat mobil itu ada pajaknya, makin mahal harga sebuah mobil makin mahal pula pajaknya. 

2. Harga mobil sesuai kantong. 
Gimana tau nya? Tung tung mari berhitung, apabila beli mobilnya nyicil, total semua cicilan tidak lebih dari 30% penghasilan. Kalau jumlah cicilannya kegedean gimana? Ya perbesar DP, kalau DP nya belum cukup? Tabung dulu uangnya sampai DP nya cukup. Intinya, jangan sampai menganggu cashflow. Ntar punya mobil eh ngga bisa makan kan repot. 

3. Cicilan paling aman 3-4 tahun.
Karena kalau 3-4 tahun bunga tidak terlalu besar. Jika anda atau suami punya fasilitas seperti soft loan atau COP(Car Ownership Program) bisa dimanfaatkan. Namun tiap-tiap perusahaan tentunya punya kebijakan berbeda2. Anda tinggal sesuaikan saja perhitungannya.

4. Siapkan dana tambahan untuk butterfly effect. 
Maksudnya gimana tuh? Ya kan kalau beli mobil ngga semata beli itu aja. Setelah membeli mobil tentunya ada biaya-biaya lain yang perlu dianggarkan. Seperti uang bensin, service, asuransi, bayar pajak kendaraan, dll.
So, sebelum memutuskan membeli pikirkan butterfly effect juga ya. Noted banget untuk saya. Kecuali kalau anda memang tidak ada masalah sama sekali dengan yang namanya uang. 


Oh ya, selain ada penampilan jouska, di booth mitsubishi ada permainan seru dengan cara menjawab pertanyaan mengenai xpander #teampinter atau #teambener dan peserta akan mendapatkan hampers menarik. Petugasnya pun cekatan membantu para peserta yang ingin ikutan.


#TeamPinter vs #TeamBener


Jadi kaum millenials, sudah memutuskan belum mau beli xpander sport, xpander ultimate atau xpander ultimate limited? 

16 komentar

  1. Nanti ajak aluna jalan2 yaa kakak kenzie

    BalasHapus
  2. Doain ya Bun semoga tahun ini atau tahun depan bisa beli ya hihihi. Biar enak kalau mau mudik. Aaaminnn ya Allah 🙏

    BalasHapus
    Balasan
    1. aamiin, semoga dimudahkan rezekinya ya bun

      Hapus
  3. Mobil yang satu ini emang cocok banget buat sekeluarga. Harganya terjangkau, muat untuk membawa banyak barang juga. Selain itu tempat duduknya juga leluasa kalau buat bepergian.

    BalasHapus
  4. Xpander cocok untuk memenuhi kebutuhan keluarga ya. Memang semakin banyak anak kita semakin membutuhkan kendaraan yang bisa membawa seluruh anggota keluarga dengan nyaman. Semoga tercapai mobil idaman keluarganya ya

    BalasHapus
  5. Maunya sih xpander ultimate limited. Naksir banget, lumayan gak terlalu besar juga buat antar jemput anak skolah.

    BalasHapus
  6. aku belom pernah dateng ke IIMS selama ini hehe.. tapi kalo liat XPander keren banget, mobil idaman banget ya. harus mimpi dulu nih biar terwujud punya kendaraan sendiri :D

    BalasHapus
  7. Bagusnya ya expander ini.. Seneng banget moga kenzie bisa ganti mobil ini segera ya mom aminn..

    BalasHapus
  8. Pas banget nih ya kak reni sebentar lagi lebaran, tentu lebih enak pakai kendaraan sendiri. Apalagi banyak pilihannya

    BalasHapus
  9. Daku suka banget sama Xpander karena bukan hanya mewah tapi gagah banget kalau udah jalan. Pernah lihat di sekitar rumah

    BalasHapus
  10. Fiturnya keren banget ya..untuk range harga yang dipunyai lengkap sekali. Jadi pengin test drive saya:)

    BalasHapus
  11. Akupun naksir berat sama xpander ini mba body nya kokoh dah gitu dalam nya luas kpinginnyaa sih cash ya aamiin bngt

    BalasHapus
  12. Aduuuuh, makin cakep aja nih Xpander. Apalagi yang limited edition ini. Huhuhu... jadi kepengen bawa pulang ke rumah. Test drive waktu itu bikin kepengen punya deh :D

    BalasHapus
  13. Aku nih naksir deh lihat bodynya si Xpander ini, gak bakal ragu deh sama keluarannya Mitsubishi pasti bagus. Aku pun kalau cari mobil memang prefer yang 7 seater sih, maklum deh bawaannya banyak.

    BalasHapus
  14. Wah... Xpander ternyata harganya dibawah 300 juta ya. Keren... padahal kece banget nih mobil. Awalnya saya kira diatas 300 juta loh mbak harganya. Favorit banget dengan mobil ini...

    BalasHapus

Silahkan Komen Disini

© raniprovit
Maira Gall