Susu Tambahan untuk Kenzie


Sejak dalam kandungan, saya sudah bertekad untuk memberikan ASI kepada Kenzie, sayangnya saya hanya bertekad tidak disertai dengan ilmu yg mumpuni, sehingga diawal kelahiran Kenzie, saya agak kesulitan dengan kondisi flat nipple, cerita lebih lengkapnya bisa cek ini ya MengASIhi dengan keras kepala. Untungnya tekad saya itu diijabah Oleh-NYA, sehingga saya bisa memberikan ASI Ekslusif kepada Kenzie. Akan tetapi sejak Kenzie 18 bulan, saya mulai menambahkan susu selain ASI, kenapa? Karena ASI saya sudah sangat minimalis, sehingga tidak mencukupi kebutuhan Kenzie. Jangan ditiru ya teman-teman, ASI saya berkurang karena saya malas pumping. Saat itu bulan Ramadhan, saya ingin puasa karena sudah 2 tahun Ramadhan saya tidak ikut berpuasa, dan saya lemes banget kalau pumping sering-sering, sehingga saya menurunkan intensitas pumping, jadi deh produksi ASI menurun, hehe. Jadi benar ya teori-teori yang ada di internet itu, ASI bekerja berdasarkan Supply and Demand 😉

Sebenernya saat ingin memberikan susu tambahan pertama kali ke Kenzie saya sangat dilema, takut ngga cocok, takut diare, takut alergi. Tapi karena tidak ada pilihan lain, mau ngga mau saya coba berikan ke Kenzie, tentunya saya melakukan riset kecil dulu sebelum mencoba ke Kenzie. Dengan googling dan bertanya kepada DSA dan teman-teman saya yang lebih berpengalaman. Hal penting yang saya utamakan adalah informasi nilai gizi. Saya mencari susu yang di ingredients tidak mengandung gula dan garam, googling lah saya mencari kandungan susu yang sesuai dengan concern saya. Saat itu ada 2 jenis susu yang masuk dalam kategori yang saya cari, yaitu susu pasteurisasi dan susu uht. Pertama yang saya coba untuk diberikan ke Kenzie yaitu susu pasteurisasi karena menurut DSA kenzie, katanya ini adalah yang paling minimal dalam proses pembuatannya. Sayang sekali, Kenzie tidak cocok, awal-awal sih dia biasa saja, tapi lama kelamaan setiap habis minum susu ini kok dia pup nya cair. Segera lah saya berganti haluan mencari susu lain, berarti pilihan saya disini jatuh ke jenis susu uht. Omg ternyata susu uht banyak banget mereknya, setelah googling dan cek ke supermarket saya menemukan yang tidak mengandung gula dan garam.

Mungkin ada yang bertanya-tanya disini ya, kenapa saya concern banget nyari yang tanpa gula dan garam. Alasan terbesar saya karena kasian sama ginjalnya, bayangin aja kalau dari bayi ginjal dia sudah bekerja keras, mungkin saat ini tidak apa ya, tidak begitu kelihatan efek yang ditimbulkan, tetapi saya menjaga untuk jangka panjangnya, saya ingin Kenzie sehat dan berumur panjang.
Beberapa hal yang saya tau efek yang kurang baik gula dan garam dalam tubuh :
  • Meningkatkan risiko hipertensi (garam)
  • Merusak gigi (gula). Susu tidak mengandung gula saja gigi dia sudah bermasalah, gimana ditambah susu mengandung gula coba 😭
  • Tingginya kadar gula dalam tubuh bisa menimbulkan melemahnya sistem kekebalan tubuh.
  • Diabetes. (gula) Apalagi Kenzie cukup punya bakat diabetes, karena turunan dari keluarga saya dan suami banyak yang menderita penyakit ini.
Barangkali ada yang bertanya, bagaimana pemakaian gula dan garam Kenzie dalam masakan sehari-hari? Tentunya pakai, sejak 9 bulan dia sudah kena gula dan garam, karena Kenzie GTM saat itu. Setelah konsul ke DSA, akhirnya beliau menyarankan pemberian garam, sudah di coba juga dikala itu, menggunakan unsalted butter, kaldu, keju, tapi masih tidak mempan, yasudah deh mama nyerah Ken, setelah dikasih garam dia mau makan dong, aelah Ken tau banget rasa enak, nasi padang yok besok 😜

Sudah cukup ya Ken, konsumsi gula dan garam di makanan dan cemilannya, susu yang tanpa tambahan gula garam aja ya. Alhamdulillah si Kenzie suka banget sama susunya
, susu UHT Kids Full Cream.
Keuntungan lain dari susu Kenzie ini, praktis. Apalagi kalau mau dibawa bepergian, ngga perlu sedia termos, dot, dan peralatan tempur lainnya. Saya tinggal tusuk sedotan , udah deh anaknya anteng minum susunya. Jadi ngga nambah-nambahin bawaan kalau lagi pergi-pergi, yang punya anak pasti paham lah ya kayak gimana banyaknya bawaan kalau bepergian bawa anak itu.

Selain tanpa gula dan garam, kandungan lainnya yang penting untuk saya yang memiliki tinggi kalsium dan bernutrisi. Dalam tubuh manusia, kalsium sangat dibutuhkan untuk menunjang beberapa hal :
  • Membangun tulang dan gigi yang kuat. Singkat cerita, saat hamil dulu saya payah sekali, mabok berkepanjangan, sehingga asupan yang sudah masuk ke tubuh kebuang lagi, sayangnya bukan hanya makanan, vitamin dari dokter pun begitu, sering sekali setelah minim vitamin saya muntah, keluar deh tuh vitamin saya, kenapa saya tau keluar? ya karena keluar muntahannya masih berbentuk tablet 😪. Jadi dengan kondisi gigi Kenzie saat ini, yang menurut saya rapuh, mungkin salah satunya karena hal ini. Saya kurang kalsium saat hamil.
  •  Proses pembekuan darah
  • Mengirim dan menerima sinyal pada syaraf. Duh hal ini penting banget kan untuk kecerdasan Kenzie ke depannya.
  • Mengencangkan dan mengendurkan otot. Hal ini juga penting banget untuk tulangnya Kenzie. Apalagi dengan rutinitas dan kegiatan sehari-hari Kenzie. Saya yang liatnya saja capek, tapi namanya anak kecil ya, dunia mereka bermain, jadi tidak ada rasa capek. Untuk itu penting bagi saya menjaga asupan dia.
  • Melepaskan hormon dan bahan kimia lainnya.
  • Menjaga detak jantung normal.
sumber : https://medlineplus.gov/ency/article/002412.htm
Ternyata segitu pentingnya kalsium untuk tubuh. Selain susu bagaimana mendapatkan kalsiumnya? Ada kok dari makanan sehari-hari, seperti bayam, brokoli, kacang-kacangan, serta olahan susu lainnya (keju dan yoghurt). Saya pun tidak hanya mengandalkan susu ya untuk menjaga kalsiumnya Kenzie, tetap hal terpenting yang dibutuhkan tubuh adalah makan, tapi dengan susu saya lebih gampang aja ngukurnya, karena kan sudah tercantum tuh di kemasan berapa ml nya nanti tinggal dikalikan berapa kotak yang diminum, saya merasa lebih tenang aja gitu, mengingat kondisi saya saat hamil, jadi sekarang lah saya harus gempur hal-hal bergizi yang dibutuhkan tubuh Kenzie. Oh ya, sehari kenzie minum 4-5 kotak. Kenapa? Saya sudah konsultasikan ke beberapa dokter, berapa ml maksimal yang diperbolehkan diminum per hari? Jawaban dokter beda-beda, tapi ada di range 500-600 ml. Karena ukuran per kotaknya 115 ml, jadi batas toleransi saya di 5 kotak. Gambar di bawah merupakan Informasi Nilai Gizi yang terkandung dalam susu Kenzie


Informasi Nilai Gizi
Alhamdulillah, semakin besar Kenzie semakin aktif, kadang bikin yang disekitarnya kewalahan menjaga dia. Gimana ngga, meleng dikit udah manjat, meleng dikit lari keluar pagar, bahkan di rumah neneknya sudah bisa keluar rumah lewat jendela, yaampun Ken siapa ngajarin sih. Mama dulu keluar rumah lewat jendela udah SD loh, kalau nenek nyuruh tidur siang, mama kabur biar tetep bisa main, lah ini dia masih 2 tahun 😭
Apalagi sekarang sedang demam sepeda, hadiah ulang tahun kemarin dibelikan sepeda oleh Mommy(tante) nya, mungkin karena penasarannya dia ya, jadi pinginnya main sepeda terus, tidur siang berkurang, tidur malam juga semakin larut. Walau Kenzie baru bisa mengayuh menggunakan satu kaki, tapi udah kelilingan komplek, gimana ntar udah lancar ya Ken. Nanti kita belajar lagi ya Ken, biar bisa mengayuh menggunakan kedua kaki. Mama udah kebayang kok Ken, kalau Kenzie udah lancar bakal gimana, hahahaha. Tenang Ken, nanti siang pager mama kunci kok 😂 Tapi mama lebih senang Kenzie aktif kok Nak, karena anak #Aktifitusehat, seorang anak yang aktif itu merupakan indikator dari seorang anak yang sehat. Inilah salah satu peran pentingnya nutrisi dan tinggi kalsium, menjadikan anak sehat dan aktif dan susu UHT Kids full cream menjadi bagian didalamnya 😊. Susu #IndomilkUHTKidsFullCream ini sudah bisa diberikan pada anak usia 1 Tahun ke atas.


Ma, tolong pegangin ya
Kalau udah habis mama dibagi ya Ken 
Cobain nih ma
Cobain ah, siapa tau masih ada
Hingga tetes terakhir





Yuk Messa, Mba Echa, dan Mba Rara ikutan blog competition untuk review UHT Kids Full Cream.



Untuk informasi lebih lanjut, klik di sini


Komentar

  1. anak-anak saya juga minum UHT saat umur 1 tahun sebagai protein tambahan untuk anak-anak :D dan emang penting sekali memilihkan susu UHT yang tanpa gula dan garam.

    BalasHapus
    Balasan
    1. hihi sama ya pilihan kita.
      wah bener banget mba, karena kan si anak pasti sering minum susu, kalau ada kandungan gula dan garamnya, kan kasian tubuhnya. Kinerja ginjalnya juga jadi berat

      Hapus
  2. anakku asi semua, jadinya agak susah minum susu pertumbuhan tuh. Mereka ogah2an. Tapi alhamdulillah sih kalau susu uht mereka masih mau sampe sekarang

    BalasHapus
  3. Anak-anak saya juga mulai minum UHT sejak umur 1 tahun, dari awal saya kasihnya yang rasa plain biar ga kebanyakan gulanya, jadi sampai sekarang udah kebiasaan minum UHT pasti yang plain, kaya Indomilk UHT Fullcream ini :)

    BalasHapus
  4. Senangnya susu #IndomilkUHTKidsFullCream ini sudah bisa diberikan pada anak usia 1 Tahun ke atas. Jadi kalau ada kejadian seperti jumlah ASI mulai berkurang sekali anak akan tetap tercukupi nutrisinya.

    BalasHapus
  5. penting banget memang memberikan susu sebagai tambahan nutrisi untuk anak ya mba, apalagi indomilk uht gak ada tambahan gula dan garamnya.

    BalasHapus
  6. Indomilk kesukaan anak2 saya mba, bahkan yang kecil juga udah mulai saya kenalin UHT Indomilk biar nantinya ga bingung pas disapih.

    Alhamdulillah sih dia mau, soalnya saya kasih sufor di botol dia ga mau sama sekali :)

    BalasHapus
  7. Anak see usia 16 bulan suka banget susu UHT, apalagi diminum dingin :)

    BalasHapus
  8. si sulung doyan banget susu UHT indomilk ini apalagi yang stroberi mba aku sampe stock banyak hehehe

    BalasHapus
  9. Aku jadi inget, adik iparku juga mengalami flat niple hingga baby nya kesulitan saat ngASI. Berbagai upaya kami coba agar si baby mau ngASI tapi justru malah rewel.

    BalasHapus

Posting Komentar

Silahkan Komen Disini