Menyapih Tanpa Sengaja


Dari awal ingin menyapih Kenzie, tentu saya menginginkan metode WWL (Weaning With Love) atau bahasa kerennya Menyapih Dengan Cinta.

Saya sounding dia sejak umur 18 bulan. Berbagai kalimat untuk berhenti menyusui sudah saya bisikkan. Dari kalimat "Kenzie kalau sudah 2 tahun ngga nen*n lagi ya", "nanti pas tiup lilin di kue ngga nen*n lagi ya sama mama", "Kenzie sudah besar, yang nen*n dedek bayi, jadi ngga nen*n lagi ya", "Kenzie kan sudah besar, mama malu kalau Kenzie nyenyen terus", dll.

Tidak ada satupun kalimat yang berhasil, yang ada dia semakin posesif. Malah pada saat dia sekitar umur 19 bulan kalau saya sounding gitu raut mukanya sedih, kadang sampai nangis. Akhirnya sounding menyapih ini saya utarakan sesekali.

Sampailah dia di usia 2 tahun, berarti sudah waktunya untuk dia berhenti nyenyen, tetapi kalimat-kalimat cinta saya ngga ada yang laku, kalau lagi menyusu dan saya ingatkan dia sudah besar, paling dia cuma natap muka saya, lalu kembali lagi nyenyen. Sampai saya mikir, gimana ini caranya menyapih Kenzie.

Mungkin pada mikir ya, kenapa sih saya getol banget mau nyapih Kenzie, toh anak-anak yang disusui sampai 3 tahun juga ada. Karenaaaaaaaaaa oh karenaaaaaa, Kenzie itu makannya dikit. Pengalaman beberapa anaknya teman saya, setelah anaknya disapih makannya jadi banyak, ini sih yang bikin saya pingin banget nyapih Kenzie. Lagian, kandungan gizi di ASI saya juga sudah tidak cukup untuk kebutuhan Kenzie, karena asupan terpenting untuk dia saat ini ya dari makan.

Sambil tetep sounding (mama saya sampe bosen dengernya hahaha), sampailah dia di usia 26 bulan, nyenyen tetep jalan, tapi sayanya lebih ke pasrah aja udah, nanti kalau pada saatnya selesai mungkin dia akan berhenti dengan sendirinya.

Kenzie vs Apron Kesayangan


Qodarullah, minggu lalu saya di kasih sakit, saya demam dan seluruh badan rasanya sakit semua. Akhirnya saya minta ibu-ibu yang bisa pijat untuk datang ke rumah. Ini ibu-ibu pijat traditional gitu ya, bukan yang macam refleksi kekinian, jadi balurinnya menggunakan minyak yang bau nya rada mengganggu. Setelah pijat selesai, saya memutuskan tidak mandi sore, karena pijatnya menjelang maghrib (yaelah bilang aja males ran)

Apa hubungan sakit dengan menyapih? Ada dong, lanjutin ya baca cerpennya 🤣

Tibalah di ritual malam sebelum Kenzie tidur, yaitu nyenyen. Nah pada saat dia mau nyenyen sontak saya bilang dong, Kenzie nyenyennya bau, saat itu saya ngga ada niatan menyapih dengan cara memberi bau-bauan di PD saya. Dia ngga percaya dong, lalu dia cium PD saya dan kemudian nyengir-nyengir karena kecium bau ngga enak. Ngga berapa lama kemudian, dia penasaran dan dia tetep mau coba nyenyennya, setelah itu mukanya lebih nyengir lagi, mungkin rasanya pahit ya.

Jadilah malam itu itu dia tidur tanpa nyenyen, lalu gimana caranya biar dia tidur?

Di kasur dia nyanyi-nyanyi, mainin kaki keatas tembok, nyanyi lagi sambil tepuk tangan, lalu ngajak saya ngobrol, setelah saya berhenti ngobrol sama dia, yang dia lakukan adalah menciumi muka saya dan manggil-manggil "mama" dengan aksen merayu nya yang bikin mamanya melting. Setelah capek menciumi mamanya, akhirnya dia tidur diatas badan saya (persis posisi tidur dia saat masih NB dulu, cuma sekarang badannya lebih panjang aja).

Berlanjut di hari kedua, karena kemarin berhasil dia ngga nyenyen, akhirnya hari kedua saya yang "bandel" saya balurin vco di PD saya, agar bau nya tidak nyaman. Tetep dong anaknya ngga mau kalah, mau nyenyen, pas nyium karena bau akhirnya dia bilang

"mama nen*n njie bau" setiap mau tidur dia bilang gitu, laporan ke saya mau pun ke papanya. Lalu dia tidurnya ya sama kayak kemarin, nyanyi-nyanyi sendiri, tepuk-tepuk tangan, kalau sudah bosan, kembali cium-ciumin muka mamanya dan manggil mamanya sambil mendayu-dayu, lalu ambil posisi tidur di perut mamanya. Duh Kenzie, kenapa bisa se-unyu gini sih, kan mama makin cinta sama Kenzie.

Sampai di hari ketiga pun saya masih menempelkan vco, takut anaknya minta kayak kemarin, ternyata dia sudah tidak minta lagi. Saat diajak tidur dia hanya menginfokan kembali ke mama dan papanya kalau nen*n dia bau. Berlanjut sampai hari kelima, ritual tidur dia sama seperti hari pertama dan kedua, tentu yang bikin mamanya bahagia karena di cium-ciumin sama anaknya lalu dia bobo ntah kepalanya di perut, dada atau lengan mamanya. Please romantis kayak gini sama mama sampe gede ya Ken.
Mungkin ada yang nanya, Kenzie tadinya ngga mentil ya? BEUHHHH, bukan mentil lagi dia mah, dipacarin. Awal-awal dia lahir saking capeknya pingin udahan aja nyusuinnya. Lah mamak ngga boleh ngapa-ngapain, cuma boleh nyenyenin dia, mana kite aliran No Nanny Mama Cry, hahaha. Kok Kenzie bisa biasa mentil disapih langsung lepas gitu? Nah ini saya juga ngga paham. Alhamdulillah saya dimudahkan sama Kenzie, jadi ngga nangis drama ataupun gendong malem-malem. Paham kali dia, kalau dia minta gendong malem-malem ntar mamanya sakit lagi(maap mamanya Kenzie udah renta kayaknya 😂). Pada saat saya sakit beberapa hari yang lalu, dia ikutan pijitin dan ambilin minum.

Walaupun rencana menyapih dengan cinta (WWL) nya gagal, tapi sampe akhir hayat mama, mama tetep cinta kok sama Kenzie, please please Kenzie juga gitu ya ke mama. Duh maap nih, mamanya Kenzie posesip.

Memang mengASIhi itu hal yang indah, capek dan melelahkan. Capek dan melelahkan ya pasti. Tidur ngga bisa suka-suka kita posisinya, ini bikin pegel. Belum lagi anak-anak yang hobi ngempeng kayak Kenzie, bikin mamanya sering masuk angin (ibu-ibu yang menyusui pasti paham hal ini)

Tapi dibalik capek lelah, ada si Indah. Kenapa? Ya gimana ngga, mengASIhi bonding terbaik dengan anak sejak baru lahir. Bisa ngobrol, tatap-tatapan kek orang lagi jatuh cinta, kruntelan sampe sering ketiduran bareng ya karena proses mengASIhi ini. Dannnn, dengan mengASIhi, rasanya menjadi manusia super istimewa, ada sosok mungil lucu dan menggemaskan yang ketergantungan sama kita (Ibu).
Jadiiii, ibu-ibu yang sedang dan masih berjuang menyusui semangat ya.
Setelah disapih makan Kenzie gimana? Pada saat sarapan porsi makannya jauh lebih banyak, bahkan bangun tidur yang dia cari sekarang makan. Kalau makan siang dan makan malam sih porsinya masih sama seperti biasa. Tapi jam 9 malam dia suka minta makan lagi dan bukan sekedar minta ya, beneran dia makan. Semoga euforia makannya tetep berlanjut kayak gini ya Ken, mama seneng liat Kenzie sekarang kalau makan lahap 💓

Tidak ada komentar

Posting Komentar

Silahkan Komen Disini